Search This Blog

Monday, August 5, 2013

ISTILAH-ISTILAH DALAM DUNIA KAMPUS

Sudah siap masuk kuliah? Sebelum benar-benar siap, yuk di cek dulu apa saja sih yang harus kita tahu istilah-istilah yang belum diketahui di dunia perkuliahan!

Dosen Wali
Dosen wali? Iya, dosen wali itu adalah dosen yang dipilih pihak kampus sebagai tempat kita berkonsultasi mengenai segala hal yang bersangkutan dengan kuliah. Biasanya setiap kelompok memiliki dosen wali yang berbeda-beda.
KTM
Setelah melakukan registrasi ketika melakukan pendaftaran ulang dan melakukan administrasi secara lengkap, kita akan diberikan Kartu Tanda Mahasiswa atau biasa disingkat menjadi KTM. KTM ini berfungsi sebagai tanda pengenal bahwa kita adalah mahasiswa di perguruan tinggi tersebut.
KRS
KRS adalah Kartu Rencana Studi. Kartu ini isinya adalah mata kuliah yang akan kita ambil di setiap semester. Biasanya, pengisian KRS harus disetujui terlebih dahulu oleh dosen wali karena harus sesuai dengan kemampuan mahasiswa tersebut.
SKS
Sistem Penilaian
Kalau di sekolah, biasanya guru memberikan nilai dalam bentuk angka. Tapi, di dunia kuliah, dosen memberikan nilai dalam bentuk huruf. Nilai tertinggi diberikan huruf A. Sedangkan nilai terendah diberikan huruf E.
IPK
Nah, ini nih yang selalu membuat mahasiswa dag dig dug di akhir semester. IPK adalah Indeks Prestasi Kumulatif. Dari semua nilai yang keluar pada setiap semester, akan selalu diakumulasikan. Nilai IPK mulai dari 1,00 - 4,00 (sempurna).
UTS/UAS
Di perguruan tinggi juga menggunakan sistem Ujian Tengah Semester (UTS) dan Ujian Akhir Semester (UAS). Tapi, di dunia kuliah, setiap dosen berhak menentukan bobot nilai atau menentukan ada tidaknya ujian. Ada yang menetapkan bobot setara antarkeduanya adapula yang menitikberatkan pada UAS.


SP
SP adalah Semester Pendek atau program perkuliahan yang dilaksanakan pada saat liburan semester genap. Semester pendek ini bertujuan memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk memperbaiki nilai mata kuliah.
KKN
KKN atau Kuliah Kerja Nyata adalah kegiatan untuk memberikan kontribusi ke daerah atau desa tertentu yang telah ditentukan oleh pihak universitas. Biasanya, mahasiswa diberikan waktu sebulan untuk tinggal di satu desa. Tapi, enggal semua universitas memberikan jadwal KKN.
UKM
Ini salah satu yang paling seru. UKM adalah Unit Kegiatan Mahasiswa. Kalau di sekolah, sering disebut dengan ekskul atau ekstra kurikuler. Kegiatan ini sangat diminati oleh para mahasiswa karena UKM yang ditawarkan sangat beragam. Kita bisa memilih UKM sesuai dengan hobi yang kita sukai, girls!
PKL
Kepanjangan dari istilah ini adalah Praktik Kerja Lapangan. Kegiatan ini bertujuan agar mahasiswa mendapat pengalaman di dunia kerja. Tapi, tidak semua fakultas atau jurusan mewajibkan kegiatan PKL.

0 komentar:

Post a Comment